Wahhhh lama tak mengisi blog ini… Agak merasa bersalah membuat blog ini terlantar. Tapi, setelah kemarin, aku akan coba lebih produktif lagi dalam menulis.

Sebenarnya, struggle yang aku dapatkan adalah karena fokus prepare cerdas cermat babak penyisihan 2 yang digelar kemarin di Kawasan MM 2100 Bekasi. Aku akan ceritakan dari proses sampai akhir.

Jadi, ceritanya itu kami di kasih waktu ± 3 minggu untuk prepare materi 4 pilar. Teman-teman harus tahu apa yang menjadi dasar-dasar negara kita ini supaya menciptakan nasionalisme dan kehidupan gotong royong seperti ekasila yang di ucapkan Presiden Pertama Ir.Soekarno. Sedikit review apa yang saya pelajari, 4 pilar negara kita itu ada:

  1. Pancasila
  2. UUD 1945
  3. NKRI
  4. Bhineka Tunggal Ika

Saya gak akan jabarin itu semua, karena penjelasan nya amat sangat panjang, apabila di mulai dari sejarah sampai penerapannya dalam kehidupan kita sekarang ini, di tambah saya jadi merasa kayak mau prepare buat lomba 4 pilar lagi. 😢

Setelah melewati masa prepare yang amat sangat panjang itu. Di temani rasa malas, gabut, kebosanan untuk melahap 2 buku bacaan yang cukup ‘berat’ buat seorang siswi SMA kelas 11. Itu semua penuh tantangan dan butuh pengorbanan untuk menyelesaikan buku – buku tersebut. Akhirnya H-1 buku tersebut selesai. Tapi usaha gak pernah mengkhianati hasil. Betul?

Hasilnya saya kalah di babak penyisihan itu. Sedih? Pasti. Merasa bersalah? Iya.

Saya akui saya merasa kurang prepare, kurang bimbingan dari guru juga, dan masalah utamanya adalah waktu lomba saya malah kebelet pipis! Yaampun.. Kebayang kan gimana rasanya? Nahan pipis feat. Harus konsentrasi sambil mikir, apalagi di babak rebutan. 😐 Sebenarnya kami itu dapat poin seri di babak penyisihan dengan SMAN1 Tambelang. Tapi ntah mungkin kesalahan kami dan takdir Tuhan, kami jadi gak fokus dan salah satu dari kami yang punya jatah materi UUD 1945 malah bengong, haduh. 😂 Kalau aku sendiri, mau pencet bel tapi takut salah jawab trus point kami dikurangin, karena di games sebelumnya itu, salah jawab point -10. Yasudah kami kalah.

Tapi semua orang bilang tak apa, yang penting pengalaman. Rasul Paulus berkata dalam Filipi 3:13 

Filipi 3:13-14 (TB)  Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,

dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Yang aku bold itu motivasi buat aku. And my self-reminder: tetap semangat dan jadikan itu pelajaran! Thanks God.

Selamat buat teman-teman dari SMAN2 Cikarang Pusat, SMAN1 Sukatani, SMAN2 Sukatani, SMAN1 Cikarang Timur, SMAN1 Cikarang Utara, dan SMAN1 Tambelang.

Luv, jenari

Published by jenari

Hell-o! Tak kenal maka tak sayang, kenalan dulu siapa tau bisa sayang. XD People said, “the best teacher is experience.” And I'm a curious teenager, will change it into a story on my blog. Pencari passion dari berbagai hobi mulai dari belajar, membaca, menulis, main musik, nyanyi, travelling, dan beberapa passion terpendam lainnya. haha. Seorang remaja yang penasaran akan banyak hal. Aku berharap kalian bisa terinspirasi dari setiap tulisan yang ada di blog kecilku ini! Keep in touch with me yang suka nyasar ke instagram: @jenariii and twitter: @jenarilk1

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: