Bagaimana Membuat Masker Alami dari Kopi ? Jadi Cantik Tapi Murah dan Praktis!

Tulisan kali ini dibuat ditengah-tengah kesibukan belajar untuk UAS untuk menyicil #30dayswrittingchallenge yang kedua (udah telat banget but I’m trying) yaitu memilih menulis antara fiksi dan non-fiksi. Jujur aku orangnya realistis dan jarang berimajinasi liar haha. Jadi dari hasil voting minggu lalu, fiksi menjadi pilihan terbanyak untuk ditulis para challengers.

Dan topik ini spesial request dari Mbak Ikha yang berkomentar di tulisan saya yang sebelumnya: Aku Sang Pembenci Kopi yang mana beliau bertanya bagaimana membuat kopi sebagai masker wajah ? Maaf slowrespon mbak 🙏😫

Kopi biasanya dikonsumsi masyarakat awam sebagai minuman. Lain halnya dengan apa yang saya lakukan. Saya membeli kopi bubuk bukan untuk diseduh lalu diminum. Namun saya gunakan kopi bubuk sebagai masker untuk perawatan wajah. Salah satu tips supaya memiliki kulit yang mulus adalah dengan perawatan kulit seperti maskeran setiap hari dan exfoliating kulit seminggu sekali. Tidak perlu ke salon kecantikan setiap hari, kita bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Dan tidak perlu juga harus menyetok masker dari brand korea satu dus untuk persiapan selama sebulan yang bisa menghabiskan uang hingga ratusan ribu. Alternatif perawatan ramah lingkungan dan ramah di kantong kita juga adalah dengan membuat dan menyetok masker sendiri dari bahan-bahan alami yang ada di kulkas dan dapur kamu. 😉

Yang dibutuhkan untuk membuat masker dari bahan alami kopi:

  • Kopi bubuk (merk apa aja, usahakan yang tidak mengandung gula)
  • Madu (aku rekomen madu asli yang biasa ada di supermarket ya tapi kalo ga ada pake madu di indomart juga bisa kok😆)
  • Wadah
  • Sendok
  • Kuas untuk masker
  • Air mawar (opsional)

Cara membuat

  1. Ambil 2 sendok makan bubuk kopi ke dalam wadah.
  2. Lalu campurkan dengan 3 sendok makan madu.
  3. Tuang air mawar secukupnya (jangan sampai masker jadi terlalu cair).
  4. Aduk hingga rata.
  5. Oleskan pada wajah yang sudah di bersihkan /cuci muka dulu pakai facewash gitu/ menggunakan kuas (kalo gak punya bisa pakai pantat sendok makan kok😂)
  6. Tunggu selama 15 menit lalu bilas dengan air adem! (ga dingin apalagi beku dan ga hangat apalagi panas!)

Kenapa diakhir aku ga bilas pakai air hangat seperti yang tutor lain anjurkan? Karena masker kopi ini fungsinya bukan seperti masker lain yang bertekstur lembut, masker ini mengeksfoliasi kulit kita karena tekstur kopi yang kasar membuka pori-pori kulit kita. Jadi kalau kita bilas pakai air hangat diakhir, nanti pori-pori kita ga tertutup dan bakteri penyebab jerawat malah masuk dan bukannya maskeran bikin kulit bersih malah semakin kotor! Iiih ga mau kan?

Tapi aku suka pakai air hangat jen, jadi lebih fresh aja gitu gimana dong?

Nah alternatifnya kamu bisa pakai air hangat saat membersihkan wajah kita pakai facewash. INGAT! Air HANGAT. Bukan air panas ya! Air panas ga baik untuk kulit wajah kita, karena bisa mematikan pembuluh kapiler kita lho! Masker ini bisa kamu pakai 2x seminggu seperti di akhir dan di awal minggu untuk hasil yang maksimal tapi jangan sering-sering! Nanti kulit kalian bisa kering kalau terlalu sering pakai kopi. Kalau untuk dailu, masker madu tok itu juaranya!

Jadi gimana? Tertarik untuk nyoba masker alami dari bahan kopi?

Published by jenari

Hell-o! Tak kenal maka tak sayang, kenalan dulu siapa tau bisa sayang. XD People said, “the best teacher is experience.” And I'm a curious teenager, will change it into a story on my blog. Pencari passion dari berbagai hobi mulai dari belajar, membaca, menulis, main musik, nyanyi, travelling, dan beberapa passion terpendam lainnya. haha. Seorang remaja yang penasaran akan banyak hal. Aku berharap kalian bisa terinspirasi dari setiap tulisan yang ada di blog kecilku ini! Keep in touch with me yang suka nyasar ke instagram: @jenariii and twitter: @jenarilk1

Join the Conversation

7 Comments

  1. Jenaaaaa, akhirnyaa kesampaian juga baca post ini. makasih Jena atas tatacara bikin maskernya. udah ada sebagian bahannya, tinggal bubuk kopinya.
    nanti deh, aku praktikin.

    oh, kalau pake air hangat harus pake facewash ya. hmm pernah langsung bilas pake air hangat gitu pas maskeran lainnya, ternyata salah cara. hm jadi tahu.

    Liked by 1 person

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: